fbpx

Cegah Pori-Pori Besar dengan Niacinamide

Niacinamide - Putriana - August 5, 2024

penyebab-pori-pori-besar

Kamu mengalami masalah pori-pori besar? Niacinamide merupakan solusi untuk kamu yang ingin mengecilkan pori-pori karena kandungan ini mampu mengembalikan elastisitas area sekitar pori-pori. Mengendurnya kulit menjadi salah satu penyebab kenapa pori-pori membesar. Hal ini karena seiring waktu, produksi kolagen berkurang lalu berpotensi mengendurkan kulit.

Apa Penyebab Pori-Pori Wajah Besar?

cara-mengecilkan-pori-pori

Secara lebih detail, di bawah ini beberapa penyebab yang mempengaruhi tampilan pori-pori terlihat membesar :

1. Produksi Sebum Berlebih

Ukurannya pori-pori ikut berubah sesuai dengan produksi minyak berlebih. Sebum atau minyak yang diproduksi berlebihan bisa menumpuk di dalam pori-pori dan membuatnya tampak lebih besar.

2. Berkurangnya Elastisitas Area Pori-Pori

Seiring pertambahan usia, produksi kolagen bisa berkurang. Sayangnya, ini juga mempengaruhi elastisitas kulit yang membuat tampilannya jadi kendur dan pori-pori terlihat lebih membesar.

3. Peningkatan Volume Folikel Rambut 

Foliket rambut tumbuh lebih mudah pada ukuran pori-pori yang besar. Apabila pori-pori ukurannya besar, maka rambut atau bulu yang tumbuh diatas kulit justru bisa semakin banyak dan mempengaruhi ukuran pori-pori.

4. Masalah Jerawat Kronis 

Pori-pori yang besar memudahkan kotoran, debu dan sisa make up berperangkap di lapisan atas kulit lalu akhirnya menyumbat lapisan di bawahnya. Hal ini membuat jerawat muncul dan mempengaruhi ukuran pori-pori jadi lebih besar.

5. Fluktuasi Hormon

Hormon yang melonjak drastis mempengaruhi produksi sebum jadi berlebihan. Terutama pada masa-masa tertentu seperti masa ovulasi. Ini mempengaruhi sebum jadi lebih banyak dan menyebabkan jerawat. Akhirnya pori-pori pun merenggang karena jerawat ini.

6. Tidak Membersihkan Kulit dengan Telaten

Membersihkan wajah masuk ke dalam perawatan kulit yang wajib dilakukan. Kalau wajah jarang dibersihkan, kotoran, debu, sel kulit mati, dan minyak bisa menumpuk di kulit wajah dan menyumbat pori-pori. Kalau sudah menyumbat pori-pori ini bisa memperbesar ukurannya.

Cara Mengecilkan Pori-Pori

Beberapa cara di bawah ini akan membantu mengecilkan pori-pori wajah. Termasuk, cara mengecilkan pori-pori wajah sesuai enam faktor diatas.

1. Bersihkan Wajah dengan Rutin

Selalu bersihkan wajah dengan rutin. Direkomendasikan untuk melakukan double cleansing. Mulai dengan cleanser balm diikuti sabun wajah yang lembut. Hal ini dilakukan untuk membersihkan kotoran dan minyak pada wajah agar tidak menutup pori-pori. 

2. Gunakan Toner yang Tepat

Bukan hanya membersihkan residu seperti minyak dan sisa makeup pada wajah, toner dengan pH yang netral bisa membantu mengencangkan kulit dan mengembalikan ukuran pori-pori.

3. Gunakan Bahan yang Mengandung Retinoid

Retinoid adalah kandungan yang bisa mendorong produksi kolagen untuk menjaga elastisitas tetap terjaga pada pori-pori. Saat pori-pori mendapat kolagen yang cukup, ukuran pori-pori bisa tetap pada ukuran yang sama.

4. Lakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah proses untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menutup pori-pori. Ini bisa menjadi solusi buat kamu yang memiliki tampilan pori-pori besar karena produksi minyak berlebih. Sebagaimana kamu tahu, pori-pori yang tersumbat bisa menimbulkan jerawat dan akhirnya merenggangkan pori-pori.

5. Penggunaan Clay Mask

Clay mask bisa menerobos ke dalam pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kotorannya dari dalam. Semua yang menutup pori-pori akan hilang sehingga pori-porimu akan bersih dan mengecil. 

YSB Serum Niacinamide untuk Mengecilkan Pori-Pori

penyebab-pori-pori-besar

Pemilik pori-pori besar dianjurkan untuk menggunakan skincare dengan kandungan Niacinamide. Kandungan ini dapat mengecilkan pori-pori di wajah karena menjaga elastisitas kulit pada area pori-pori.

Selain itu, kandungan ini juga mampu mengontrol produksi minyak berlebih di wajah, satu penyebab utama kenapa pori-pori bisa menjadi besar. Ini artinya, menggunakan skincare Niacinamide bukan hanya mengecilkan pori-pori, tapi mencegah pori-pori besar datang lagi.

Satu serum Niacinamide yang optimal digunakan dalam mengatasi perenggangan pori-pori adalah Avoskin Your Skin Bae 12% Niacinamide + Centella Asiatica. Serum ini tidak memiliki presentase Niacinamide sebesar 12% yang terjamin optimal dalam membantu mengatasi masalah pori-pori. Cara kerja kandungan ini semakin disempurnakan dengan Centella Asiatica, Glycerin, Butylene Glycol, dan Biosaccharide.

Sumber :

Lee SJ, Seok J, Jeong SY, Park KY, Li K, Seo SJ. Facial Pores: Definition, Causes, and Treatment Options. Dermatol Surg. 2016 Mar;42(3):277-85.

Last Updated on August 5, 2024

Share This Post!

1 Comment

  • Putri August 8, 2024 at 8:53 pm

    Klo untuk tonernya lebih cocok pke yg mana ya ka?

    Reply
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *