fbpx

Memahami Jenis Jenis Bercak Hitam Pada Kulit

Eksfoliasi - Putriana - September 13, 2024

bercak hitam pada wajah

Bercak hitam adalah masalah kulit yang paling sering terjadi akibat sinar matahari. Apabila diruntut lebih jauh lagi, bercak hitam punya banyak jenis. Yaitu melasma, bercak hitam karena bekas jerawat, dan freckles.

Kenapa Bercak Hitam Bisa Terjadi?

Bercak hitam paling sering diakibatkan oleh sinar matahari yang mengenai kulit berlebihan. Kulit yang terpapar sinar UV berlebihan membuat melanin diproduksi terlalu banyak. Sayangnya ini menimbulkan masalah baru, yaitu perubahan warna kulit seperti bercak hitam.

Bercak hitam pun muncul dengan berbagai bentuk di berbagai area badan. Bisa dalam bentuk bintik, bercak, bulatan tidak beraturan yang muncul di area wajah atau punggung. Bintik ini muncul berwarna kecoklatan atau memiliki warna yang berbeda dari sekitarnya.

Selain sinar matahari, ada beberapa penyebab kenapa flek hitam terjadi : 

  • Penyakit addison
  • Efek konsumsi obat
  • Luka bekas jerawat

Jenis-Jenis Bercak Hitam pada Kulit

Sahabat AVO, bercak hitam menjadi permasalahan kulit yang terjadi pada semua bagian tubuh, mulai dari wajah, tangan, hingga leher. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti faktor hormonal, faktor genetik dan banyaknya paparan sinar matahari.

Adapun secara lebih lengkap, ada jenis-jenis bercak hitam pada kulit.

1. Melasma

Melasma adalah kondisi bercak hitam yang bisa muncul pada pipi, hidung, bibir dan dahi. Hal ini terjadi akibat aktivasi melanocytes berlebih akibat hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin yang berlebihan.

Paling sering menyerang wanita hamil yang menggunakan pil kontrasepsi. Melasma terjadi akibat aktivasi melanocytes berlebih akibat hormon estrogen dan progesteron, sehingga memicu produksi melanin yang berlebihan.

2. Freckles

Mirip dengan melasma, freckles adalah kumpulan kluster melanin yang lebih sering terjadi pada perempuan berkulit putih. Terutama dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun kondisi ini tidak bisa dihindari, kondisi bercak hitam seperti freckles sering membuat perempuan merasa tidak percaya diri.

3. Flek Hitam

Apabila freckles dipengaruhi oleh faktor generik, maka flek hitam dipengaruhi oleh faktor usia. Semakin bertambah usia seseorang, kulit akan kehilangan kemampuan untuk mengatasi kerusakan. Inilah kenapa flek hitam sering terjadi pada perempuan usia 40-an. 

4. Bekas Jerawat PIE

Bercak hitam bisa berasal dari luka bekas jerawat. Pertama ada bekas jerawat PIE atau post inflammatory Erythema. Bekas jerawat PIE adalah bekas kemerahan atau keunguan yang terjadi karena membesarnya pembuluh darah akibat inflamasi. Bekas jerawat PIE membuat kulit tampak ada noda kemerahan.

5. Bekas Jerawat PIH

Selanjutnya bekas jerawat PIH. Yaitu bekas jerawat Post Inflamatory Hiperpigmentation yang memiliki warna kecoklatan atau kehitaman yang disebabkan oleh produksi melanin berlebih karena inflamasi. Salah satu penyebab utama terjadi inflamasi adalah jerawat dan paparan sinar matahari.

Rekomendasi Skincare untuk Mengatasi Melasma dan Flek Hitam

Kabar baiknya, melasma dan flek hitam bisa diatasi dengan penggunaan skincare dengan kandungan pencerah seperti Tranexamic Acid. Kandungan ini memiliki manfaat utama dalam mengatasi bercak hitam, termasuk melasma, bintik-bintik hitam, dan noda gelap lainnya.

Kamu bisa menemukan Tranexamic Acid pada Avoskin YSB Serum Tranexamic Acid 3% + Glycolic Acid + Cranberry + Licorice. Terkenal sebagai serum yang lembut dan aman untuk kulit sensitif.

Melalui penggunaan serum Tranexamic Acid secara berkala, bercak hitam akan memudar. Cara kerja serum ini adalah menghambat sintesis tirosinase di melanosit (melanin) lalu menahan transfer pigmen dari melanin ke keratinosit pada lapisan terluar kulit (epidermis). 

Selain itu serum ini membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit. Ada tambahan kandungan glycolic acid dan cranberry untuk mempercepat bercak hitam semakin pudar. Jadi untuk kamu yang ingin mengatasi masalah kulit melasma dan flek hitam pada kulit yang sensitif, bisa menggunakan serum ini.

Last Updated on September 13, 2024

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *