fbpx

10 Arti Kedutan Alis Kanan Atas Menurut Medis!

Body Fit - Putriana - July 6, 2024

arti-kedutan-di-alis-kanan

Merasakan kedutan alis kanan atas menjadi pertanyaan yang muncul ketika kondisi tersebut jarang terjadi sebelumnya. Melihat dari sudut pandang medis, ada beberapa arti hal ini terjadi. Misalnya, yaitu setres berat, bell’s palsy, hingga efek obat-obatan.

Kabar baiknya, kondisi tersebut bukan bagian dari gejala penyakit. Yuk simak, 10 penyebab kedutan alis kanan atas menurut sudut pandang medis. 

10 Arti Kedutan Alis Kanan Atas Menurut Medis

arti-kedutan-di-alis-kanan

Meski umumnya bukan karena sesuatu yang berbahaya, kedutan alis kanan juga ada yang ringan hingga berat. Kalau sudah masuk ke level kedutan berat, maka kamu perlu perhatian medis.

1. Mengonsumsi Kafein Berlebihan

Kafein yang diminum berlebihan bisa membuat tubuh menangkap sinyal bahaya dan akhirnya bereaksi mengeluarkan hormon adrenalin. Hasilnya, sel tubuh jadi lebih aktif termasuk juga area sekitar mata yang memicu alis berkedut.

Untuk mencegah terjadinya kedutan alis kanan karena konsumsi kafein berlebihan, kamu perlu tahu batas normal konsumsi kafein.

Kafein bisa ditemukan pada kopi, teh, cokelat, minuman berenergi dan bersoda. Apabila kamu merasa telah meminum kafein pada sumber-sumber itu, pastikan untuk tidak melebihi kadar 400 miligram per hari.

2. Kekurangan Vitamin B

Pemenuhan nutrisi pada makanan yang kurang juga bisa menyebabkan kerja otot disekitar mata terganggu. Misalnya adalah Vitamin B.

Vitamin yang satu ini berfungsi untuk mendukung fungsi saraf dan otot serta menyediakan energi untuk aktivitas otot. Kalau kamu kekrungan vitamin ini maka otot disekitar mata dan saraf sekitar mata jadi terganggu.

Kalau kamu merasakan kedutan alis kanan yang sering tandanya kamu perlu asupan vitamin B. Makanan dan minuman dengan nutrisi ini yaitu bayam, telur, susu, daging ayam, dan yoghurt.

3. Mengonsumsi Obat ADHD dan Antipsikotik

Arti kedutan alis kanan juga bisa terjadi saat kamu sedang mengonsumsi obat-obatan untuk ADHD dan obat antipsikotik.

Bisa disebut kedutan adalah efek samping dari obat. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terkait tingkat keparahan efek samping ini.

4. Terlalu Banyak Aktivitas Mata 

Mata lelah bisa membuat otot dan saraf disekitar mata menjadi tegang. Biasanya, aktivitas mata seperti melihat gawai terlalu lama, membaca buku durasi lama, atau menghadap laptop seharian bisa membuat mata kering dan lelah.

Munculnya kedutan di alis kanan bisa jadi pertanda mata kamu perlu istirahat. Solusinya, kurangi aktivitas mata dan penuhi kebutuhan tidur yang cukup.

5. Mengalami Stres Berat 

Setres menjadi faktor yang mungkin tidak kamu sadari bisa mempengaruhi tubuh, termasuk kedutan alis kanan. Kalau kamu stres, otot dan saraf menjadi tegang. Kamu membutuhkan manajemen setres untuk mengatasi kedutan alis berangsur hilang.

6. Merasakan Efek Alergi

Seseorang yang alergi bisa merasakan kedutan karena reaksi alergi tersebut. Dalam proses alergi ada histamin yang dilepaskan dimana ini menyebabkan rasa gatal di area mata. Kamu pun menggosok mata karena iritasi. Hasilnya, kedutan pun terjadi.

7. Mengalami Kondisi Bell’s Palsy

Kondisi bell’s palsy adalah ketika otot-otot wajah mengalami kelumpuhan sementara. Penyebab bell’s palsy bisa karena diabetes, tekanan darah tinggi, infeksi telinga hingga virus. Ini pun juga bisa jadi penyebab kedutan di alis kanan karena komplikasi dari bell’s palsy, ketika saraf wajah tertekan.

8. Kejang Otot Dystonia

Dystonia adalah kejang otot yang memicu gerakan berkedut secara lambat dan berulang. Kedutan ini tidak bisa dikendalikan, termasuk juga pada alis. Dystonia bisa terjadi sebagai komplikasi dari kondisi parkinson, stroke, hingga cedera otak.

9. Mengalami Kondisi Kelopak Mata Tertutup Paksa

Ada suatu kondisi ketika kelopak mata tertutup secara paksa yang disebut sebagai Blefarospasme Esensial Jinak. Ini merupakan bagian dari gerakan otot yang tidak biasa, salah satu efeknya bisa terjadi kejang otot atau kedutan tanpa disengaja.

10. Memiliki Sindrom Tourette atau Tics

Sindrom Tourette membuat seseorang mengalami gerakan otot yang tidak disengaja. Gerakannya tidak bisa dikontrol, termasuk muncul kedutan di alis kanan.

Sahabat AVO, itu dia 10 arti kedutan alis kanan dari sudut pandang medis. Kondisi ini tidak berbahaya, namun memiliki tingkat kedutan yang ringan hingga berat. Kalau kamu sudah merasa terganggu dengan kedutan alis kanan, maka segera konsultasikan pada dokter ahli.

Last Updated on July 6, 2024

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *