fbpx

Cara Memakai Toner yang Tepat Agar Aman untuk Kulit Wajah

Skincare - rustaviani - November 27, 2022

Memakai toner tidak bisa asal ya! Ada cara memakai toner yang tepat agar kulit wajahmu tetap sehat terawat.

Memakai toner menjadi salah satu rutinitas skincare yang tidak bisa dilewatkan. Produk untuk wajah ini berbahan dasar air dan memiliki berbagai kandungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Selain untuk mengangkat minyak dan sisa makeup dari wajah, toner juga punya banyak manfaat mulai dari menyejukkan, melembutkan, hingga mengurangi kemerahan dan noda bekas jerawat di wajah. Toner juga berfungsi untuk skin preparation sebelum menggunakan produk skincare lainnya. Namun, toner akan tidak ada manfaatnya jika tidak digunakan dengan tepat. Nah, maka dari itu kamu bisa ikuti cara memakai toner berikut ini.

1. Tangan Bersih Sebelum Menggunakan Toner

Setiap ingin melakukan perawatan wajah, termasuk memakai toner, jangan lupa untuk selalu cuci tangan lebih dulu. Toner hanya akan dapat berfungsi secara maksimal saat tangan dalam keadaan yang sudah bersih. Tangan yang bersih tidak akan menimbulkan kotoran baru di wajah.

2. Gunakan Toner Setelah Membersihkan Wajah

Sebelum menggunakan toner, langkah penting yang pertama adalah membersihkan wajah terlebih dahulu. Jika kamu menggunakan makeup, bersihkan dahulu dengan makeup remover lalu lanjutkan dengan mencuci wajah dengan facial wash yang sesuai dengan jenis kulitmu. Setelah itu, keringkan wajah sebelum memakai toner.

3. Aplikasikan dengan Kapas

Aplikasikan toner menggunakan kapas. Rangkaian skincare satu ini mempunyai tekstur cair seperti air, sehingga pengaplikasikannya sebaiknya diusap ke wajah menggunakan kapas bersih agar bisa menjangkau sampai ke pori-pori. Cara menggunakan toner seperti ini juga berlaku pada yang bentuknya spray. Jadi caranya kamu cukup menyemprotkan secukupnya ke wajah, lalu usapkan kapas lembut dan tipis ke seluruh bagian muka. Setelah itu, diamkan sebentar agar produknya menyerap sempurna.

Sebaiknya gunakan kapas sekali pakai agar lebih higienis. Usahakan kamu tidak memakai tisu karena cenderung kasar dan bisa melukai lapisan kulit.

4. Gunakan 2 Kali Sehari

Memakai toner secara berlebihan bisa membuat wajah lebih berminyak dan berisiko timbul jerawat. Toner cukup digunakan dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari. Untuk kamu yang memiliki kondisi kulit kering, gunakan toner hanya pada malam hari saja untuk mengurangi pori-pori wajah tersumbat. Toner digunakan setelah membersihkan wajah dan sebelum langkah skincare selanjutnya, yaitu serum atau perawatan wajah lainnya.

5. Aplikasikan Pelembap

Kamu bisa mengakhiri tahapan skincare dengan mengaplikasikan pelembap atau moisturizer jika tidak melanjutkan memakai produk skincare lainnya. Sebab manfaat moisturizer adalah untuk melembabkan sekaligus memaksimalkan fungsi toner itu sendiri, jadi sebaiknya jangan melewatkannya.

Toner dan moisturizer merupakan skincare wajib yang harus dimiliki oleh setiap wanita untuk merawat kulit. Kedua basic skincare tersebut bagus untuk memantapkan skin barrier, menghidrasi maksimal, melembabkan, serta mencegah penuaan dini.

Last Updated on December 6, 2022

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *