fbpx

Cara Mengetahui Skincare Sudah Kadaluwarsa dan Tips Mengingat Tanggal Expired

Tips & Trick - rustaviani - December 1, 2022

Produk skincare tidak bisa bertahan selamanya, ada kadaluwarsanya juga loh! Ini ada beberapa cara mengetahui skincare sudah kadaluwarsa.

Hal yang sering luput dari penggunaan produk skincare adalah produk akan kadaluwarsa. Padahal skincare yang sudah kadaluwarsa bisa memberi pengaruh buruk yang tidak main-main bagi kulit terutama kulit sensitif. Meskipun menjadi produk yang biasa diaplikasikan pada kulit, kamu jangan lupa bahwa produk ini diformulasi dengan jangka waktu dan aturan penyimpanan tertentu.

Umur simpan produk adalah jangka waktu di mana produk dapat berfungsi dan memberikan hasil yang maksimal. Akhir umur simpan ini ditandai dengan expiry data dan biasanya terdapat di kemasan dengan berbagai ciri dan ikon tertentu. Produk yang sudah melewati umur simpan dan tangga expired ini disebut dengan kadaluwarsa. Ini ada beberapa cara mengetahui produk sudah kadaluwarsa dan ini tips menyimpan produk agar kamu selalu ingat tanggal expirednya!

Hal yang Terjadi Ketika Produk Kadaluwarsa

Expiry date menandakan masa dan jangka waktu efektivitas produk yang sudah habis. Artinya, produk akan kehilangan atau berkurang efektivitasnya bahkan bisa menjadi berbahaya. Selain itu, berjalannya waktu, paparan udara, serta kontak eksternal yang terus menerus, bakteri akan mudah tumbuh dan berkembang. Minyak dari produk menjadi berbau dan tengik serta kandungan di dalamnya mulai jelas terlihat teroksidasi dengan perubahan warna.

Beberapa kandungan utama yang biasa ditemukan dalam skincare khususnya serum, biasanya adalah kandungan yang cukup potent seperti Vitamin C, Retinol, atau bahkan SPF. Kandungan-kandungan ini sangat rentan teroksidasi dan menjadi lebih asam. Terlebih sunscreen, bila kehilangan efektivitasnya, kamu akan terpapar sinar matahari tanpa proteksi hingga menyebabkan sunburn. Jadi, jangan pernah gunakan sunscreen yang kadaluwarsa.

Bahan-bahan yang rusak dan sudah mengalami perubahan kimiawi hingga ditumbuhi bakteri, dapat menyebabkan berbagai reaksi pada kulit. Seperti, kulit terasa gatal, kemerahan, iritasi, jerawat, bahkan menyebabkan reaksi alergi atau infeksi karena bakteri. Untuk kulit sensitif, akibatnya bahkan bisa lebih parah lagi seperti ruam atau bahkan pengaruh jangka panjang. Jika kondisi kulitmu sudah sangat parah, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter dan obati kulitmu ya!

Tanda-Tanda Skincare Sudah Kadaluwarsa

Langkah pertama untuk mengetahui kapan produk akan kadaluwarsa adalah dengan mengetahui betul expiry date yang tertera pada kemasan. Namun, mungkin saja karena lupa dan berbagai faktor lain seperti penulisan yang sudah tidak jelas, kita jadi tidak bisa memastikan dengan benar kapan produk akan kadaluwarsa. Ada beberapa tanda yang bisa kamu perhatikan untuk mengetahui apakah produk kamu sudah kadaluwarsa atau rusak, di antaranya:

  1. Aroma produk berubah menjadi tidak sedap
  2. Warna berubah keabuan atau seperti luntur
  3. Konsistensi berubah menjadi lebih kering atau lebih cair, tekstur minyak dan air yang terpisah atau menggumpal
  4. Bertumbuhnya jamur di sekitar tutup produk

Tips Mengingat Tanggal Kadaluwarsa

Beberapa tanda atau penulisan tanggal kadaluwarsa bisa menjadi kabur dan menghilang seiring berjalannya waktu dan kontak dengan berbagai faktor eksternal. Seringkali kamu kurang memperhatikan dan lupa dengan tanggal kadaluwarsa produk. Untuk mencegah hal itu, kamu bisa ikuti beberapa tips ini.

Hal paling sederhana adalah mencatat tanggal pembelian dan tanggal expired produk. Kamu bisa mencatatnya di buku khusus atau notes simpel di HP. Dengan begitu, kamu bisa memahami berapa lama atau berapa bulan lagi waktu yang kamu miliki untuk menghabiskan produk.

Selain itu, kamu bisa memberi label khusus pada produk skincare. Terkadang expiry date pada kemasan sangat mudah hilang, kamu bisa beri label tambahan yang menunjukkan tanggal kadaluwarsa produk atau tanggal pembelian produk. Jangan lupa untuk melapisi label dengan selotip plastik untuk memastikan tulisan pada label tidak hilang seiring berjalannya waktu. Kamu juga bisa beri label warna yang menandakan kode bulan waktu kadaluwarsa. Misalnya, label merah artinya produk akan kadaluwarsa di bulan Januari, biru untuk bulan Februari, dan seterusnya. Tentukan sendiri format kode warna dan bulan yang kamu sukai.

Last Updated on December 2, 2022

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *