fbpx

Cara Menghilangkan Jerawat Punggung yang Ampuh

Body Fit - rustaviani - November 22, 2022

Jerawat punggung seringkali menjadi masalah yang mengganggu ya. Coba ikuti cara menghilangkan jerawat punggung ini agar kulitmu sehat.

Masalah jerawat memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Jerawat tidak hanya menyerang wajah saja, tapi jerawat di punggung juga cukup mengganggu. Penyebab jerawat memang cukup banyak dan susah ditebak, bisa dari infeksi bakteri di dalam pori-pori kulit, minyak yang tersumbat dan kotoran. Bahkan produk sabun dan shampoo yang kurang sesuai juga bisa jadi penyebabnya. Nah, untuk mengatasi hal ini, kamu bisa ikuti beberapa cara menghilangkan jerawat punggung di bawah ini!

1. Mandi Setelah Olahraga

Membiarkan keringat dan kotoran menempel di kulit setelah berolahraga berisiko tinggi menyebabkan munculnya jerawat di punggung. Maka dari itu sebaiknya kamu mandi setelah berolahraga, tetapi tunggulah tubuh kering dari keringat agar kondisi tubuhmu tidak memburuk. Usahakan kamu istirahat satu jam setelah olahraga lalu mandi.

2. Lakukan Eksfoliasi Kulit

nya dapat dilakukan pada wajah saja. Apabila kamu sudah menggunakan berbagai cara di atas namun belum juga dapat mengurangi jerawat punggung maka ada baiknya kamu mengeksfoliasi. Kulit punggung yang sulit dijangkau menyebabkan adanya kotoran-kotoran dan keringat yang tertinggal bahkan setelah mandi. Hal ini lah yang menjadi dasar agar kamu rutin melakukan eksfoliasi pada periode waktu tertentu.

3. Pakai Pakaian yang Longgar

Terlalu sering olahraga dapat mengiritasi jerawat punggung. Mengenakan pakaian ketat saat berolahraga dapat menjebak kotoran dan keringat, sehingga berisiko masuk ke dalam pori-pori. Sebaiknya pilih pakaian longgar agar kulit dapat bernapas. Kamu bisa menggunakan pakaian yang longgar saat aktivitas biasa atau saat tidak berolahraga.

4. Lakukan Scrub Tubuh

Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyumbat pori yang mengakibatkan jerawat muncul. Maka dari itu melakukan eksfoliasi punggung secara rutin akan menjaga tubuh tetap bersih dan bebas dari sel kulit mati dan bekas jerawat yang mengganggu. Kamu bisa menggunakan bahan alami yang ada di dapur seperti garam, oatmeal, atau kopi yang bisa kamu jadikan scrub agar lebih aman. Usahakan kamu melakukan scrub saat jerawat punggung sudah kempes dan tersisa bekasnya saja

5. Mandi Minimal 2 Kali Sehari

Kebersihan tubuh memang harus selalu dijaga karena ini adalah salah satu langkah untuk mengusir jerawat di punggung. Selalu pastikan kamu memilih sabun mandi dengan pH yang pas dan mengandung anti bakteri untuk membunuh kuman penyebab jerawat di punggung. Kamu bisa menggunakan loofah atau brush untuk menjangkau punggung dan membersihkannya dengan sempurna.

6. Pilih Produk Perawatan Tubuh yang Tepat

Sebaiknya kamu memilih produk perawatan kulit yang tidak mengandung minyak dan tidak menyebabkan komedo untuk punggung berjerawat. Kedua jenis produk perawatan kulit tersebut tidak akan menyumbat pori-pori sehingga tidak menyebabkan jerawat. Produk yang mengandung butiran scrub juga tidak direkomendasikan untuk punggung berjerawat karena akan membuat jerawat meradang.

Last Updated on December 1, 2022

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *