fbpx

Kenali 9 Tanda Skincare Tidak Cocok

Kulit Sensitif, Niacinamide - Putriana - June 19, 2024

ciri-ciri-skincare-tidak-cocok

Tanda skincare tidak cocok misalnya kulitmu terasa gatal dan kemerahan, rasanya panas, hingga muncul tampilan terkelupas. Meskipun demikian, gejalanya mirip antara skincare tidak cocok dengan gejala purging.

Skincare tidak cocok biasanya dipengaruhi oleh sensitivitas kulit dan reaksi kulit diluar batas normal karena kandungan dalam skincare terlalu tinggi bagi kulitmu. Secara lebih lanjut berikut ini tanda skincare tidak cocok supaya kamu menghentikan penggunaan produk segera. 

ciri-ciri-skincare-tidak-cocok

1. Kulit Rasanya Panas 

Tanda skincare tidak cocok adalah kulit yang memberikan reaksi yang tidak normal seperti rasa panas. Namun, bagaimana membedakan sensasi kulit panas dengan sensasi tingling karena bahan aktif? 

Apabila kamu menggunakan bahan aktif dan merasakan seperti ada sengatan, normalnya sengatan itu hanya berlangsung selama beberapa saat. Jika rasa sengatan ini berlangsung bahkan ketika dibasuh, ini artinya kulitmu terlalu sensitif untuk bahan aktif yang ada di dalam suatu produk. Disini kulit sedang merasakan alergi karena skin barrier terganggu. 

2. Kulit Terasa Tebal

Kulit yang tebal merupakan reaksi alami kulit dalam mempertahankan dirinya atas benda lain dari luar. Rasa tebal tentu memberikan rasa tidak nyaman. Sekali kamu merasakan ini tandanya ada alergi terhadap bahan aktif lalu mempengaruhi kemampuan pelindung kulit. Hasilnya, kulit menjadi tebal karena keseimbangannya terganggu.

3. Kulit Terasa Kering dan Mengelupas

Setelah rasa panas dan kulit terasa tebal, tanda skincare tidak cocok selanjutnya adalah kulit menjadi kering hingga mengelupas. 

Produk skincare bisa mengandung kandungan yang terlalu tinggi sehingga mempengaruhi perlindungan kulit. Alhasil, kulit pun bisa kehilangan kemampuannya dalam melembabkan dan memberikan efek kering. Bahkan, jika kulitmu memang tipe yang kering dan tidak cocok dengan produk skincare, potensi kemunculan kulit mengelupas juga bisa terjadi. 

4. Kulit Menjadi Terlalu Berminyak

Apabila sebelumnya kulit kering bisa menjadi semakin kering, maka buat kamu yang memiliki kulit berminyak juga bisa semakin berminyak. Minyak bisa diproduksi karena kebutuhan kulit wajah untuk melembabkan kulit.

Namun, jika produksi minyak terasa berlebihan dan kamu merasa tampilan wajahmu mengkilap lebih sering ini tandanya ada yang salah. Penggunaan produk skincare tidak coock bisa mempengaruhi kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih.

5. Kulit Jerawatan atau Bruntusan

Ciri yang satu ini yang paling mudah dikenali, yaitu munculnya jerawat di area yang sebelumnya tidak pernah muncul jerawat. Selain itu, kemunculan bruntusan dan jerawat juga datang dengan jumlah banyak. 

6. Kulit Menjadi Kusam 

Merasa wajah kusam pada skincare yang memiliki claim mencerahkan? Ini tandanya kulitmu tidak cocok dengan skincare tersebut.Sederet produk skincare dengan kandungan alpha arbutin dan asam kojic adalah produk yang berpotensi mencerahkan namun bisa membuat kusam jika tidak cocok.  

7. Kulit Muncul Ruam Pada Kulit

Tanda skincare tidak cocok lainnya yaitu ada ruam iritasi. Faktor terbesar dari reaksi iritasi yang terjadi ini adalah kulit yang begitu sensitif menerima kandungan skincare dalam jumlah besar.

Untuk menghindari hal ini terjadi, kamu bisa melakukan tes reaksi dengan mengoleskan sebagian produk di belakang telinga dan diamkan semalam. Jika terasa gatal maka skincare tersebut tidak cocok. 

8. Kulit Terasa Gatal

Kali ini, rasa gatal akan muncul setelah penggunaan produk skincare selang beberapa waktu. Kamu bisa mengukur gatalmu masuk kondisi tidak normal jika terus terasa gatal selama 14 hari atau lebih.

9.  Kulit Terasa Ditarik

Ingat ketika kamu mencuci wajah dan setelah dikeringkan kulit terasa ditarik? Hal yang sama juga bisa terjadi pada skincare yang tidak cocok. Terjadi ketidakseimbangan pH karena minyak pelindung alami kulit terlalu banyak terbuang. Kalau sudah begini, kulit bisa dehidrasi, iritasi dan kering. 

Mengatasi Tanda Skincare Tidak Cocok dengan Ini

Apabila kamu telah merasakan salah satu tanda diatas maka segera hentikan penggunaan skincare terkait. Untuk mengembalikan kondisi kulit, ganti dengan skincare melembabkan yang lembut. Misalnya seperti toner dan serum dengan kandungan Niacinamide yang presentasenya dibawah 5%.

Kabar baiknya, skincare yang mengandung Niacinamide bermanfaat mengatasi peradangan jerawat, dehidrasi kulit, dan produksi minyak berlebih. Tanda yang muncul ketika skincare tidak cocok. Yuk kita simak beberapa manfaat dari Niacinamide :

  • Mengatasi Peradangan Jerawat : Niacinamide bekerja dengan cara menetralisir dan menenangkan kulit yang sedang sakit dan iritasi. Kemampuannya yang ini membuat Niacinamide mampu meredakan jerawat meradang pada kulit sensitif. 
  • Melembabkan Kulit : Niacinamide juga menjaga dan mempertahankan hidrasi kulit wajah. Hal ini karena niacinamide mendorong produksi ceramide yang bertugas menjaga skin barrier. Terutama jika Niacinamide dicampur dengan ceramide. Kinerja keduanya bisa memberikan kelembaban maksimal apabila digunakan secara berkala. 
  • Mengontrol Produksi Minyak Berlebih : Tanda skincare tidak cocok bisa mempengaruhi produksi minyak menjadi berlebih? Kamu bisa mengembalikan perannya menjadi normal dengan Niacinamide yang mengontrol minyak wajah yang diproduksi berlebih. 

Rekomendasi skincare Niacinamide yaitu serum Your Skin Bae Toner Vitamin C 2% + Niacinamide 2% + Carrot Extract + Raspberry. Serum ini memiliki minimal ingredient dengan hasil yang maksimal. Memiliki kandungan utama Niacinamide yang bekerja sebagai humektan yang dapat mengunci kelembapan serta merawat kulit berjerawat. Kandungan utama lainnya adalah Vitamin C yang dapat mencegah kulit kering.

Frequently Asked Questions

Niacinamide Tidak Boleh Dicampur dengan Apa?

Kamu tidak boleh mencampur Niacinamide dengan AHA/BHA ketika kamu mengatasi jerawat. Selain bisa menimbulkan masalah kulit baru berupa iritasi, penggunaan keduanya yang tidak boleh digabungkan bisa membuat jerawat semakin meradang. 

Tanda Kamu tidak Cocok dengan Niacinamide?

Tanda tidak cocok dengan Niacinamide adalah memunculkan reaksi iritasi seperti kulit merah dan rasa panas terbakar. 

Last Updated on June 19, 2024

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *