fbpx

Pakai Retinol Sebelum Usia 20-an Boleh Tidak Sih? Simak Jawabannya di Sini!

Skincare - rustaviani - September 7, 2022

Banyak yang beranggapan memakai produk retinol harus di atas usia 20 tahun. Sebenarnya boleh tidak sih pakai retinol sebelum usia 20-an?

Mungkin banyak orang yang menyarankan untuk tidak menggunakan retinol sebelum memasuki usia 20 tahunan. Karena tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus di kebanyakan orang justru mulai terjadi pada usia 20-an. Maka dari itu, menggunakan bahan aktif ini di usia 20-an direkomendasikan dan dinilai aman. Namun, ada beberapa orang yang ingin merawat kulitnya sedini mungkin agar kesehatan kulit terjaga sampai usia tua. Lalu, aman tidak sih pakai retinol sebelum usia 20?

Penggunaan Retinol Harus Sangat Berhati-Hati

Retinol merupakan turunan vitamin A dengan beragam manfaat seperti menstimulasi produksi kolagen, mengoptimalkan regenerasi kulit, meningkatkan aliran darah ke kulit, dan sebagainya. Karena manfaat tersebut retinol banyak terkandung dalam perawatan anti aging.

Namun penggunaan retinol pada usia remaja (kurang dari 20 tahun) sangat perlu diperhatikan dan sangat dibatasi. Hal ini dikarenakan penggunaan retinol pada usia remaja berisiko menyebabkan masalah pada kulit seperti kulit kering, merah, iritasi, dan lain-lain.

Namun, pada kondisi tertentu terdapat indikasi yang mengharuskan penggunaan, maka retinol bisa digunakan tetapi tentunya berada di bawah pengawasan dokter. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu masalah kulit pada dokter spesialis kulit guna penanganan yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan skincare dengan kandungan retinol yang persentasenya sangat rendah, jangan langsung menggunakan serum retinol.

Moisturizer Kandungan Retinol Rendah Bisa Digunakan

Kalau kamu ingin merasakan manfaat retinol sejak usia muda, kamu bisa coba menggunakan moisturizer atau krim wajah dengan kandungan retinol yang rendah. Yup! Kamu bisa coba Ultra Brightening Cream dari Avoskin. Produk ini mengandung 3% Alpha Arbutin sebagai bahan pencerah kulit alami yang berasal dari buah bearberry. Alpha Arbutin dikenal sebagai brightening agent yang paling efektif untuk mencerahkan bintik-bintik gelap pasca jerawat dengan menonaktifkan tirosinase, enzim yang memproduksi melanin.

Lebih menariknya lagi, Ultra Brightening Cream mengandung 0,5% Actosome Retinol yang membantu mencerahkan bintik hitam setelah jerawat dengan menghentikan tirosinase, enzim yang memproduksi melanin. Alpha Arbutin ini telah teruji bisa menghambat penggelapan kulit. Jadi, produk ini aman untuk kamu yang ingin merasakan manfaat retinol sejak usia remaja.

Last Updated on September 15, 2022

Share This Post!

1 Comment

  • Junaida September 25, 2022 at 10:22 am

    Rangkaian produk avoskin rekom yg aman utk kulit sensitip dark spot pigmentasi Sy ada pny avoskin vit c dan moisturizer. Trus rangkaian produk klo pakai retinol Trimakasih masih new mohon infox Trimakasih

    Reply
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *