fbpx

Tempat Membuang Sampah untuk Daur Ulang, Cek Lokasinya di Sini!

Sustainable Living - rustaviani - January 20, 2023

Kamu bingung mau buang sampah untuk didaur ulang? Ini tempat membuang sampah untuk daur ulang yang perlu kamu tahu!

Untuk meminimalisir permasalahan sampah yang tidak dapat didaur ulang, memilah sampah adalah langkah yang tepat. Setelah sampah sudah dipilah, sampah organik dapat diolah menjadi kompos, sampah kertas dapat diolah menjadi kertas baru, sampah logam dapat diolah menjadi bahan baku industri, sampah kaca dapat diolah menjadi bahan baku keramik, dll. Namun, sampah plastik yang merupakan sampah anorganik yang sangat sulit didaur ulang, sebagian besar harus dikelola dengan cara dibakar atau dibuang ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Nah, untuk meminimalisir jumlah sampah yang tidak bisa diolah, kamu bisa memilahnya lebih dulu lalu membawanya ke tempat daur ulang. Tidak perlu bingung lagi, kamu bisa cek cara menangani sampah yang tidak bisa didaur ulang dan temukan tempat membuang samapah untuk daur ulang di bawah ini.

1. Pisahkan Sampah Sesuai Jenisnya

Sampah organik dapat diurai oleh alam dan digunakan sebagai bahan kompos, sedangkan sampah anorganik tidak dapat diurai oleh alam dan dapat merusak lingkungan jika tidak diolah dengan benar. Membagi sampah anorganik ke dalam beberapa kategori dapat membantu proses pengolahan sampah yang lebih baik dan efisien. Namun, yang terpenting adalah mengurangi produksi sampah sejak awal dengan cara mengurangi konsumsi, memilih produk yang dapat digunakulagi atau daur ulang, dan mengolah sampah dengan benar.

2. Bersihkan Sampah

Setelah memilah sampah, membersihkan sampah tersebut juga sangat penting sebelum diolah atau daur ulang. Hal ini dapat membantu meningkatkan kualitas sampah dan memudahkan proses pengolahan. Selain itu, membersihkan sampah juga dapat mengurangi risiko kontaminasi sampah dan menjaga kesehatan lingkungan.

Untuk sampah minuman susu kemasan berbentuk box, kamu bisa bongkar lipatan box tersebut, lalu cuci bagian dalamnya hingga bersih. Untuk kemasan botol seperi minuman, sampo, atau sabun, Setelah itu kamu bisa mencucinya hingga bersih dengan air.

Khusus untuk kemasan tetrapack seperti karton susu ukuran besar, kamu bisa mengikuti langkah mudah yang disarankan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, yaitu dengan Lipat, Lepas, Letak. Pertama, buka lipatan atas dan bawah tetrapack, kedua, lepas sedotan atau tutup, dan terakhir letakkan kemasan pada dropbox yang sudah disediakan.

3. Membuang Sampah pada Tempatnya

Setelah membersihkan dan memilah sampah, kamu dapat mengambil tindakan selanjutnya dengan mengirimkan sampah yang sudah dipilah dan dibersihkan ke bank sampah atau tempat pengolahan sampah yang tepat. Ada juga beberapa inisiatif yang dapat kamu mbil seperti menjual sampah yang sudah dipilah dan dibersihkan kepada pengumpul sampah yang beroperasi di wilayahmu, atau mengikuti program daur ulang sampah yang diadakan oleh pemerintah atau organisasi masyarakat. Selain itu, kamu juga dapat mengambil inisiatif dengan mengajak teman atau tetangga untuk ikut serta dalam program-program daur ulang sampah atau membuat compost dari sampah organik.

Beberapa tempat pembuangan sampah untuk daur ulang bisa kamu temukan di tempat ini:

  • Waste4Change: menerima sampah kertas, plastik kaca, metal, dan karet. Lihat contoh sampah dan lokasi dropbox selengkapnya di website waste4change.
  • @bank_sampah_my_darling: menerima sampah plastik yang sudah dibersihkan, spanduk, kertas, untuk diolah kembali menjadi tas dan aksesoris.
  • @ewasterj: menerima sampah elektronik untuk dibongkar, dipilah, dan diolah kembali. Anda bisa melihat lokasi dropbox selengkapnya pada Highlight akun Instagram @ewasterj.
  • @thestreetstoreindonesia: merupakan bagian dari @outlet_dhuafa dan menerima sampah plastik, kertas, kain, kaleng, kaca, logam, dan elektronik. Lihat selengkapnya di Highlight akun Instagramnya.
  • @misenio.id: menerima sampah plastik untuk didaur ulang menjadi dompet dan tas.

Selain beberapa tempat di atas, ada brand kecantikan Avoskin yang menerima kemasan produk kosong untuk didaur ulang. Jadi, kamu bisa cek info selengkapnya di sini.

Last Updated on May 31, 2024

Share This Post!

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *