fbpx

Urutan Eksfoliasi Wajah Pada Malam Hari!

AHA BHA PHA, Eksfoliasi - Putriana - June 4, 2024

urutan eksfoliasi wajah malam hari yang tepat

Urutan eksfoliasi wajah menjadi step yang perlu diperhatikan. Ini karena ketika kamu eksfoliasi akan terjadi proses pengangkatan sel kulit mati pada kulit. Baik secara fisik maupun secara kimiawi. 

Sayangnya, melakukan pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi wajah ini menjadi proses yang cukup sensitif. Disinilah urutan eksfoliasi wajah menjadi penting. Untuk menjaga supaya kulit tidak over exfoliate atau supaya efek eksfoliasi tidak membuat kulit kering. Berikut ini urutan eksfoliasi wajah pada malam hari yang paling efektif.

urutan eksfoliasi wajah malam hari yang tepat
Woman at home applying cream mask

1. Ketahui Jenis Kulit

Sebelum melakukan eksfoliasi wajah, perlu diketahui jenis kulit untuk memilih jenis eksfoliasi yang paling tepat. Apabila kamu merasa bahwa kulitmu tipe kering, pilihlah eksfoliasi dengan kandungan AHA. Jika kulitmu berminyak, gunakanlah BHA. 

Bukan tanpa alasan, BHA mengandung kemampuan membersihkan tembus sampai ke minyak terdalam kulit. Sehingga penggunaannya lebih optimal. Selain itu ada AHA sebagai bahan aktif yang cocok untuk membersihkan bagian terluar. Tujuannya untuk mendorong pertumbuhan sel kulit yang sehat. 

2. Double Cleansing Wajah 

Kamu telah mengetahui jenis kulitmu, maka langkah selanjutnya adalah membersihkan wajah. Dalam aktivitas luar ruangan membersihkan wajah artinya menghilangkan sisa riasan dan kotoran yang menempel pada permukaan kulit. 

Kamu bisa menggunakan make up remover dan sabun muka setelahnya. Ini merupakan double cleansing yang direkomendasikan sebelum melakukan eksfoliasi. 

3. Oleskan Produk Eksfoliasi

Apabila kulit sedang sensitif maka gunakan produk AHA dan BHA dengan kadar yang rendah. Produk skincare dengan kandungan AHA BHA pun banyak ragamnya. Ada yang berupa toner, serum hingga moisturizer. Cara melakukan eksfoliasinya berbeda-beda. Berikut ini cara melakukan eksfoliasi sesuai dengan produknya : 

  • Eksfoliasi wajah dengan produk exfoliating toner bisa digunakan tepat setelah sabun cuci muka. Biasanya, produk exfoliating toner akan meninggalkan kesan tingling setelah dioleskan. Meskipun demikian, efek tersebut merupakan proses dari eksfoliasi kimia. Kamu tidak perlu khawatir selama penggunaan eksfoliasi toner ini dibarengi dengan serum dan pelembab dengan kandungan glycerin dan hyaluronic acid. 
  • Eksfoliasi wajah dengan menggunakan serum eksfoliasi artinya kamu akan melakukan pengangkatan sel kulit mati dengan presentase yang lebih berat. Termasuk juga kandungan AHA BHA dalam serum. Pastikan untuk mengoleskan serum dengan moisturizer yang melembabkan. 
  • Terakhir, pelembab dengan kandungan AHA BHA akan memberikan manfaat ganda. Yaitu mengeksfoliasi dan juga mengembalikan kelembaban. Meskipun demikian, presentase bahan aktif dalam moisturizer tidak akan setinggi serum. 

4. Gunakan Pelembab

Langkah terakhir urutan eksfoliasi malam hari adalah menggunakan pelembab. Mengoleskan produk eksfoliasi dipastikan akan membuat kulit menjadi kering. Inilah mengapa kelembaban kulit perlu dikembalikan. Jika tidak, bisa jadi kulitmu kering dan justru mendatangkan masalah kulit baru. 

Kamu juga perlu melakukan jarak dalam eksofliasi kulit supaya tidak over exfoliate. Gunakanlah produk AHA BHA satu kali dalam seminggu lalu dibuat perlahan semakin sering.

Sahabat AVO itu dia urutan eksfoliasi wajah yang tepat untuk malam hari. Apabila kamu belum pernah menggunakan AHA BHA sebelumnya, kulit mungkin akan melakukan adaptasi. Efek samping sementara yang bisa terjadi misalnya purging, gatal dan kemerahan.

Meskipun demikian, efek ini perlu diukur apakah masih dalam batas normal atau tidak. Jangan lupa untuk selalu mengecek efek kulit terhadap produk. Jika dalam satu bulan efek samping produk eksfoliasi masih terjadi maka periksakan ke ahli dermatologi kulit.

Last Updated on June 4, 2024

Share This Post!

1 Comment

  • aYlNlfdX June 26, 2024 at 7:05 am

    1

    Reply
  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *